← Back to portfolio

10 Fakta Film "Forrest Gump" yang Belum Lo Ketahui

Buat para pecinta film pasti tau ya "Forrest Gump". Iya film ini emang film lama, secara ya dirilisnya di tahun 1994. Mungkin kamu belum pada lahir.

Film ini merupakan adaptasi dari novel tahun 1986 karya Winston Groom. Dalam film ini Tom Hanks menjadi Forrest Gump, seorang pria yang biasanya diremehkan sejak kecil namun memiliki perjalanan hidup yang cukup epik.

Salah satu kutipan yang paling terkenal dari film ini adalah kalimat yang diucapkan Tom Hanks, "Life is like a box of chocolates." Nahh mari kita buka 'kotak coklat' bernama "Forrest Gump"!

#1 Tom Hanks bukan pilihan pertama

Inget "Forrest Gump" maka ingetnya si pemeran utamanya, Tom Hanks. Tapi sebenarnya, sang sutradara awalnya menginginkan tokoh tersebut diperankan oleh John Travolta. Namun ia menolaknya.

Kemudian peran ini ditawarkan ke Chevy Chase dan Bill Murray tapi keduanya tidak tertarik. Akhirnya sang sutradara pun setuju Tom Hanks memerankan Forrest Gump.

#2 Kurt Russell tidak masuk ke kredit film

Kurt Russell mengklaim dirinya merupakan pengisi suara Elvis Presley dalam film tersebut. Namun tidak ada namanya dalam kredit film. Tapi bisa jadi sih ya, soalnya kan belio memainkan Elvis Presley dalam serial TV tahun 1979.

#3 Adegan tentang Perang Vietnam memiliki dialog yang sebenarnya.

Ada satu adegan di mana Forrest mencoba memberikan pidato tentang perang di Washington DC tapi mikrofonnya tidak bisa digunakan. Nah dalam adegan tersebut memiliki dialog yang sebenernya. Begini dialognya,

"Sometimes, when people go to Vietnam, they go home to their mommas without any legs. Sometimes they don't go home at all. That's a bad thing. That's all I have to say about that."

#4 Kemeja yang sama setiap perubahan usia

Coba deh diperhatikan bahwa setiap adegan perubahan usia dari Forrest Gump, maka Tom Hanks mengenakan kemeja yang sama, yakni kemeja kotak-kotak biru.

#5 Sang Penulis novel tidak mendapatkan sepeser pun uang dari film

Setelah film tersebut menjadi sukses, Winston Groom, mengungkapkan dirinya tidak pernah dibayar untuk ceritanya. Menurut dia, studio film mengatakan padanya bahwa mereka tidak bisa membayar karena ada 'kesalahan akuntansi'. Hm.

#6 Bubba Gump Shrimp Co. adalah restoran beneran

Setelah film ini terkenal, Paramount Studios mendekati Rusty Pelican Restaurant untuk menciptakan restoran yang terinspirasi oleh film tersebut. Akhirnya Bubba Gump Shrimp Company kini menjadi restoran yang sukses di berbagai lokasi.

#7 Beberapa adegan keren nggak dimasukan dalam film

Salah satunya adalah ketika Forrest Gump bertemu dengan Martin Luther King Jr. dan pendukungnya diserang gerombolan anjing. Forrest berusaha mengalihkan perhatian anjing dengan mengajak anjing tersebut bermain. Sehingga Dr. King dan pendukungnya bisa pergi tanpa cidera.

#8 Turis yang mendadak jadi aktor

Reporter yang berada di tempat kejadian di Washington ketika Forrest kembali dari Vietnam bukanlah aktor sungguhan. Dia sebenarnya seorang turis dari Atlanta yang sedang tur di Capitol Hill dan diminta oleh kru untuk membaca sebuah dialog.

#9 Tom Hanks tidak dibayar

Hanks memilih untuk tidak dibayar untuk peranny. Sebaliknya ia memilih untuk mengumpulkan poin persentasi yang memungkinkan untuk ia miliki dari keuntungan film. Pada hitungan paling akhir, ia menghasilkan sekitar US$40 juta. WOW!

#10 Bukan bola sungguhan

Ada adegan di mana Forrest bermain pingpong. Namun ternyata bola pinpong dalam adegan tersebut adalah CGI alias tidak nyata.